Kamis, 01 Oktober 2009

Gempa Lagi ...


Dua kali bulan ini.
Ya, dua kali gempa di atas 7 SR. Awal September gempa mengguncang Jawa Barat bagian Selatan, dan di ujung September meluluhlantakkan Sumatra Barat.

Fenomena alam ini, meski telah diprediksi beberapa tahun lalu pasca Tsunami Aceh oleh para ahli, tetap mengagetkan dan meninggalkan duka. Sebagaimana yang telah diperhitungkan, lempeng tektonik IndiaAustralia dengan lempeng tektonik EropaAsia akan mengalami tumbukan/pergeseran usai tsunami Aceh di 26 Desember 2004 lalu. Pertemuan lempeng-lempeng tersebut memanjang dari Sumatra bagian utara hingga ke pulau Jawa, itu yang dulu sempat saya tahu dari informasi pasca tsunami. Tak sampai 5 tahun, beberapa kali gempa terjadi, di Nias, Yogya dan sekitarnya, Jawa Barat, dan sekarang kembali ke Sumatra, semuanya di sisi barat dan selatan Sunda Plate (bagian dari lempeng EropaAsia).

Sebagaimana makhluk ciptaan Tuhan lainnya yang terus bergerak dan tumbuh secara alamiah, bumi inipun terus bergerak, yang dalam istilah lain kita sebut sunatullah. Hanya saja pergerakan bumi ini berdampak demikian besar bagi kehidupan manusia (mungkinkah pergerakan makhluk lain selain bumipun sebenarnya berdampak besar, namun manusia tak tahu atau tak merasakan karena ketidakmengertiannya ? Wallahu alam...)

Gempa-gempa ini semakin membuat kita sadar betapa kecil manusia. Betapa kuatnya alam, betapa kuatnya pemilik alam dan manusia. Betapa tak berdaya manusia. Apa lagi yang dapat manusia banggakan? Sedang pergeseran saja telah melantakkan sendi-sendi kehidupan, apatah lagi bila bumi berguncang?

Dalam situasi seperti ini : mari ulurkan tangan, saling menggenggam dan terbuka, untuk membantu meringankan beban saudara kita. Mari tengadahkan hati dalam doa agar mereka diberi kekuatan iman dalam menghadapi takdir-Nya. Dan mari tetap istiqomah dalam jalan-Nya, agar Ia tak pernah berpaling dari pinta kita. Sebab kepada siapa lagi kita berpegang selain pada tali-Nya, kepada siapa lagi kita mohon naungan selain pada naungan-Nya.

5 komentar:

  1. Ya Allah semoga saudara2 kita yang tertimpa musibah diberi kekuatan dan semoga kita dilindungi dari segala bencana dan musibah amin...

    BalasHapus
  2. semoga mereka diberi kesabaran dan keikhlasan...

    BalasHapus
  3. Ya Allah, Dalam perjalan kehidupan dibumi-Mu adalah untuk menggapai ridho-Mu , Engkau yang Maha Tahu, Engkau yang Maha memberi Pentunjuk dan Engkaulah Maha Pengampun.

    Jika didalam perjalan hidup ini, tidak sesuai dengan syariatMu ya Robbi, berilah Petunjuk dan BimbinganMu untuk mendapatkan jalan yang lurus, serta ampunilah dosa-dosa kami. Jadikanlah kami orang yang pandai bersyukur.

    YA HAYYU, YA QAYYUUM, BIRAHMATIKA ASTAGHIITS……………

    BalasHapus
  4. @ all : Amiiin Ya Mujibassaailiin ...

    BalasHapus
  5. Ya Allah..., berita gempa di Sumatra Barat benar-2 merupakan berita duka bagi seluruh rakyat Indonesia.
    Semoga mereka semua diberikan ketabahan. Amin..

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...