Selasa, 26 Januari 2010

Waktu Hujan Sore-sore

Sore ini jalanan basah, langit menurunkan kesegarannya, menyapa dedaunan, mengelus rerumputan, menyembunyikan kucing meringkuk dalam bulunya. Hujan sore ini tak seperti hari kemarin yang datang bersama angin. Hujan sore ini lebih pendiam.

Aku?

Sore ini aku malah terdiam. Menyaksikan jalanan basah selalu menimbulkan sensasi gerimis dalam hati. Aaah, aku tak mau jadi sensitif. Lalu kubuka halaman ini, teringat ada tag book yang dikirim mbak Elly, teringat beberapa award yang belum sempat kupajang. Ingatan itu menjalarkan kehangatan di aliran darah, menyapu sedikit demi sedikit gerimis di hati yang sempat hadir.

Saat kubuka, ada pesan baru dari mbak Irma. Eh, ternyata si cantik sendu ini juga mengirim tag book buatku. Maka inilah sekarang aku, tengah menghangatkan diri di lingkar persahabatan bernama award dan tag book (ide tag film dari Fanda, boleh juga tuh hehe ...)

Ini dia 15 judul buku yang saya suka :
1. Berguru kepada Allah, karya Abu Sangkan.
2. La Tahzan, karya 'Aidh al-Qarni
3. Tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata
4. Quantum Ikhlas, Erbe Sentanu. Beruntung saya telah dan terus membacanya
5. Matahari Odie Bersinar karena Maghfi, Neno Warisman
6. Rectoverso, Dewi "Dee" Lestari. Saya suka ide dan gaya menulisnya, satu dalam dua karya. Hebat !
7. Ketika Cinta Bertasbih, Habiburrahman el-Shirazy
8. Ayat-ayat Cinta, Habiburrahman el-Shirazy
9. Buku2 karya Enyd Bliton, buku yang mengawal pertumbuhanku (cieee ..)
10. Cergam Tintin, Lucky Luke, Serial Si Janggut Merah, Tanguy and Laverdure, Johan and Pirlouit (serasa kembali ke masa kecil hihi ....)
11. Rintihan Suci Ahli Bayt Nabi, Jalalludin Rachmat. Ini buku lama yang masih sering saya baca
12. Life Excellent, Reza M. Syarif
13. Di Perjamuan CintaMu di Arafah, Ratna Januarita. Buku yang memotivasi saya untuk menggenapkan niat.
14. Winnetou, Karl May.
15. Sayap-sayap Patah, Kahlil Gibran

Sedangkan buku yang membuatku menangis, mbak Irma, adalah bukunya Tere Liye "Bidadari-bidadari Surga". Buku ini berkisah tentang kasih sayang dan pengorbanan tanpa syarat seorang kakak kepada keempat adiknya. Setiap kali membaca, saya selalu saja menangis.

Terima kasih mbak Elly, terima kasih mbak Irma, sudah mentag saya. Benar, akhir-akhir ini saya jarang membaca. Bahkan tiga buku baru saya masih belum sempat dibaca! Saya jadi membenarkan apa yang mbak Elly pikirkan, yakni : mungkinkah karena terlampau banyak pesan non verbal yang saya baca? Kenapa saya setuju dengan pendapat mbak Elly? Karena hal itu pula yang kerap terjadi dalam diri saya.
Faktor perubahan pola pikir barangkali berpengaruh pada gaya dan pilihan membaca setiap orang. Sehingga tak setiap bacaan berupa rangkaian kata dalam buku kertas semata, melainkan pula berupa buku semesta. Atau karena faktor usia? (idiiiih ... emang saya udah tuee?) hihi ...

Nah, sekarang saya ingin tag book ini diteruskan kepada :
1. Kang Sugeng
2. Elsa Yellow Life

Selamat menghangatkan hati dalam bacaan yang menghangatkan gerimis sore ini

26 komentar:

  1. Selamat ya mbak. Tagnya sudah kelar ya. Mampir sore-sore berteduh.

    BalasHapus
  2. Siiip, senang membaca buku-buku berkesan bagi mba Annie. 15 buku yang mantap mba. Ternyata, ada sebagian buku yang sama-sama berkesan bagi kita. Terimakasih sudah membuat tag ini dengan mantap.

    BalasHapus
  3. rectoverso!!!!!
    love it love it love it,,

    BalasHapus
  4. Ada beberapa persamaan bacaan bukunya Ceu.

    Selamat ya ceu atas tagnya...

    BalasHapus
  5. ha..tintin, lucky luke + johan&pirlouit henny juga suka mbak. kurang satu tuh, asterix&obelix!
    ehehe

    BalasHapus
  6. Punteun ya ceu nembe sumping deui, lagi sibuk ngurusin toko online.

    BalasHapus
  7. Ternyata Tetralogi Laskar Pelangi banyak yg suka ya mbak... Mungkin karena ceritanya yang Indonesia banget... maka dapat diterima siapa saja.

    BalasHapus
  8. Waa.., suka Tintin juga. Aku juga tuh mbak, sampai sekarang masih suka baca Tintin hehehe.
    Lega ya mbak setelah tugas selesai dikerjakan :D

    BalasHapus
  9. Mampir mbak, setelah lama gak silaturahim kesini. Apa kabar mbak..?

    BalasHapus
  10. buku2 yg bagus mba ^^
    ada jg ya buku yang sama yg kita sukai mba,seperti la tahzan dan tetralogi laskar pelanginya andrea hirata.

    makasih sdh sudi mengerjakan tugas dariku mba,yg aku dpt dari mba anazkia ^^

    buku jendela dunia,... buku jg menghangatkan hati seperti yg mba bilang ? aku setuju ...

    BalasHapus
  11. jadi inget mba,...enyd bliton juga bacaan ku dijaman kanak2 dulu mba ^^

    BalasHapus
  12. wah pasti lega udah selesai tugasnya ngomong-ngomon maaf ya mbak ani baru bisa berkunjung lagi maklum sibuk dan tidak punya koneksi sendiri

    BalasHapus
  13. buku-bukunya keren-keren mbak

    BalasHapus
  14. Tulisan2 bermutu pasti tak akan kami lewatkan di sini. Pa kabar, bu Ani?

    BalasHapus
  15. alhamdulillaaaah... dapet tag. bersyukur atas apa saja yang diterima.
    terima kasih mbak Annie. segera dikerjakan.

    assalamualaikuuum....

    BalasHapus
  16. Buku karya Andrea Hirata, alhamdulillah udah 4-4 nya baca, karya Kang Abik, AAC, KCB 1-2, Dalam Mihrab Cinta juga sudah baca. Nah karya Enyd Bliton neh yang sekarang lagi mulai dibaca lagi, kebetulan dapet e book nya.

    BalasHapus
  17. Trimakasih Mbak, Insya Allah akan saya kerjakan tugas berat ini.

    BalasHapus
  18. Bacaannya keren mbak...
    Rupanya Laskar Pelangi banyak digemari, terbukti dari beberapa teman yang dapat Tag ini, semua memasukkannya sebagai judul buku yang terpilih.

    BalasHapus
  19. jadi inget, sy juga punya job tag dari Mba fanda dan Mba Senja. CUman mpe sekarang bleum dikerjain, hehehe

    BalasHapus
  20. wao aku juga belum saya kerjakan dari Bang munir dan Anazkia, lewat sini aku mohon maaf!
    Buat yang punya blog, nice tag!

    BalasHapus
  21. @ ocheholic : siiip, rectoverso.
    @ newsoul : terima kasih kembali, mbak. Kan belajar dari mbak Elly
    @ Ivan : Silakan, Van, tapi disini gak ada kopi hehe ...
    @ Henny Y : serasa kembali muda ya, mbak. Iya betul Asterix & Obelix juga
    @ Latifah : alhamdulillah, mungkin kita sehati ya, teh
    @ Reni : Tetralogi Laskar Pelangi emang inspiratif, mbak. Tintin cerdas dan menyenangkan pokoknya
    @ Senja : sekarang sudah hangat kan dengan buku?

    BalasHapus
  22. @ Munir : Sama2 Pak, sayapun lama gak kesana, Insya Allah nanti saya mampir. Trims komentarnya, Pak
    @ Gramudia : baik, Pemuda ...
    @ Elsa : waalaikum salam, silakan, Elsa
    @ Abi Sabila : Mihrab Cinta bagus tuh, bagaimana dengan Pudarnya Pesona Cleopatra? Sudah bacakah?
    @ Kang Sugeng : monggo, Kang disambut
    @ Seti@awan : Betul, Bang, Laskar Pelangi sebuah cerita yang inspiratif, imajinatif dan mengandung cita humor yang baik (menurutku, lho)
    @ Insanitis : sok atuh, Kang geura pidamel hehe...
    @ Nuansa pena :Nuhun, Mas
    @ Anyin : hujan romantis ya, Nyin ...

    BalasHapus
  23. mampir siang hari, berteduh di hujan deras saat ini, salam hangat dan kenal ya mba

    BalasHapus
  24. Wah...bukunya keren2, selamat ya bu..sudah ngerjain tag-nya.....

    BalasHapus
  25. rajin banget bikin PRnya...
    ohya..makasih udah berkunjung..saya follow ya

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...