Minggu, 23 Agustus 2009

Ramadhan Pertama : Luruskan Niat


Bismillahir rahmaanir rahiiim,
Ya Allah bantulah aku, mampukan aku ...

Ini hari pertama Ramadhan, dimana semua muslim memulai shaum dengan niat membasuh debu dan noda yang melekat pada kedirian seutuh tubuh, segenap jiwa, selaksa rasa, agar sepanjang 29 atau 30 hari ke depan dapat menjalankan shaum dengan lebih baik dan bermakna daripada Ramadhan tahun lalu. Pun demikian halnya denganku. Ada yang baru dari niat shaumku tahun ini, yaitu keinginan untuk menulis setiap hari. Bukan menulisi buku harian seperti yang selama ini kulakukan. Melainkan, meminjam istilah pak Hernowo, mencoba mengikat makna dari setiap apapun yang melintas di kehidupanku selama setiap 24 jam.

Ingin kutulisi semua hari-hariku di bulan penuh berkah ini dengan catatan kebaikan. Kebaikan seperti apa yang kuharapkan? Akupun masih terus mencari dalam kebingungan. Setiap hari melakukan amal kebaikan, itu sudah pasti kuniatkan. Akan tetapi kemudian menjadi lain bila keseharian yang kualami harus kutulis agar tak terlepas dan memiliki makna bagi evaluasi demi keindahan raportku.

Jujur, niat ini tertulari bagai virus yang kuat menekanku sejak sebulan lalu, usai membaca "Spirit Iqra" yang ditulis oleh Hernowo, penulis buku "Mengubah Sekolah" dan serial "Pak Bill dan Bu Slim" yang begitu produktif menulis dan menerbitkan buku. Melalui tulisan-tulisannya, saya terhipnotis untuk belajar mengikat apapun usai membaca. Selama ini, saya hanya merasa cukup menyimpan saja kesan dan sensasi bacaan di dalam hati. Paling banter, menceritakan kebagusan sebuah buku kepada teman agar sang teman mau membaca juga. That is just it!
Tapi, di Ramadhan kali ini, selain meluruskan niat tuk menjalankan setiap langkah semata ibadah, serta meningkatkan kualitas shaum, saya ingin menuliskan apa yang terlintas di benak dalam rangka memelajari apapun yang Allah takdirkan pada hidup saya.

Bagiku ini berat, sebab tahu sendiri kan, selama ini saya cenderung agak jarang (istilah halus untuk kata malas) menulisi blogku ini.

Karena itu para sobat blogger yang baik, doakan saya ...

4 komentar:

  1. salam sobat
    iya deh mba,, saya ikut doa kok. semoga diberikan kekuatan dan kelancaran dalam berpuasa dan tidak malas menulis blog lagi,,ha,,ha.

    marhaban ya ramadhan,maaf lahir dan batin ya,, selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  2. selamat menunaikan ibadah puasa, dengan harapan semoga puasa kita diterima oleh Alloh SWT.

    BalasHapus
  3. Ayo mbak.., laksanakan niatnya.. semoga dapat terlaksana ya... Semangat !!
    Semoga puasa dan ibadah lainnya lancar.. Amin.

    BalasHapus
  4. Saya ikut mendoakanmu sobat. Semoga dapat mencapai apa yang dicita-citakan di bulan penuh rahmah ini.

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...