Kamis, 04 Maret 2010

Sepotong Kisah dari Masa Lalu dan Award dari Masa Kini

Zaman dahulu kala ada seorang yang sangat kaya meninggal dunia. Ia meninggalkan harta berupa rumah, tanah dan 19 ekor unta. Mengenai kesembilan belas ekor untanya, ia menuliskan dalam surat wasiatnya bahwa anak sulungnya berhak memperoleh setengahnya, anak kedua akan memperoleh seperempatnya, sedangkan anak bungsunya mendapatkan seperlima dari jumlah untanya. Dan mereka tidak boleh membunuh satu ekor untapun.

Mendapat wasiat demikian itu, ketiga anaknya menjadi pusing. Bagaimana bisa membagi dengan benar ? Setengah dari sembilan belas saja hasilnya sembilan setengah, lalu bagaimana dengan seperempat dan seperlima ?


Ketiga ahli waris itu bertanya kepada orang-orang bijak di seluruh negeri bagaimana memecahkan masalah itu. Tapi tak seorangpun bisa membantunya. Akhirnya mereka menghadap Nasruddin Hoja (seorang Mullah Turki yang terkenal jenaka, cerdik dan bijak) untuk mendapatkan nasihat dari beliau.

“Ah itu mudah saja,” kata Nasruddin Hoja. “Begini caranya. Aku akan meminjamkan seekor unta padamu untuk sehari saja. Jadi kalian akan punya 20 ekor unta. Si Sulung akan menerima setengah dari 20, jadi ia mendapat 10 ekor unta. Anak kedua seperempat dari 20, yaitu 5 ekor unta. Dan si Bungsu mendapat 4 ekor unta yakni seperlima dari 20. Jadi bila dijumlahkan hasilnya adalah sembilan belas, jumlah yang sama dengan yang diwariskan ayah kalian. Lalu kalian kembalikan sisa seekor unta milikku yang kupinjamkan tadi. Nah, kalian pasti puas, begitu juga almarhum ayah kalian.” (Diambil dari kisah Nasruddin Hoja)

****

Akan terasa sangat indah hidup ini bila semua dapat merasakan indahnya nasihat-menasihati dalam kebenaran dan nasihat-menasihati dalam kesabaran. Keindahan itu semakin terasa manakala semua pihak saling berbagi dalam keikhlasan.


Sekarang, kupajang award-award dari sahabat sebagai bentuk lain berbagi dalam keikhlasan.

Yang ini dari Mas Goen


Award dari mbak Reni


Kemudian, award ilalang yang bercanda dengan angin selatan, ciri khasnya Mbak Elly ini, adalah bingkisan ultahnya Newsoul

Kepada siapa saja mampir disini dan belum memiliki award ini saya persilakan untuk menerimanya.

Semoga kita selalu dapat berbagi dalam keikhlasan dan kebenaran.

28 komentar:

  1. pertamax g yah, semat yh mb' moga dengan adanya award bisa menambah semangat lagi

    BalasHapus
  2. ceritanya sarat hikmah Teh :)
    Selamat yah atas awardnya, semoga ukuwah ini semakin berkekalan. Insya Allah :)

    BalasHapus
  3. nice stori, teh Annie...
    kumaha damang?..
    punten nyak...lama gak mampir ke sini....

    selamat juga awardnya yg bagus2 itu...^^

    BalasHapus
  4. kisah2 disini selalu penuh hikmah dan sarat makna.
    selamat buat awardnya mba...

    BalasHapus
  5. cerdas sekali beliau..... huhu kagum

    BalasHapus
  6. teh annie..gimana kabarnya..

    maaf ya teh baru mampir..^_^

    ceritanya bagus yang di atas, pinter y, hehe..^_^

    awardnya meni banjir euy...sip sip/selamt yaa..

    btw..btw shoutmixnya keren bgt teh..itu caranya gimana teh??pingin kaya gitu juga, hehee..

    nanti kasih tau ya teh caranya gimana..pingin..bagusss

    BalasHapus
  7. benar sekali mbak... selalu berbagi dalam keikhlasan dan kebenaran... makasih ya awardnya udah dipajang di sini...

    BalasHapus
  8. Kisahnya bagus banget mbak..., jadi belajar utk berpikir bijaksana dlm menyelesaikan masalah nih.

    BalasHapus
  9. Selamat utk awardnya ya mbak... dan makasih awardnya udah dipajang

    BalasHapus
  10. @ Rizky : iya pertama, Ky. Selamat ya hehe
    @ Anazkia : amiin
    @ Tisti : apakabar, mbak Tisti? alhamdulillah saya sehat
    @ Senja : terim kasih, Senja

    BalasHapus
  11. @ anyin : benar, Nyin, selain cerdas beliau juga bijak dan jenaka

    @ Ratna : masuk saja ke shoutcamp.com, Na

    @ Mas Goen : sama-sama, Mas
    @ Mbak reni : benar, mbak selalu banyak hikmah dimanapun kita mau memungutnya. terima kasih kembali

    Aduh, lupaaa, link teman-teman yang ngasih award belum dipasang. Maaaaf sekali. Mau otak-atik dulu

    BalasHapus
  12. Renungan yg indah membungkus award2 cantik. Selamat ya mbak!

    BalasHapus
  13. @ Fanda : trims, Fan ...

    BalasHapus
  14. waaaahhh banjir award lagi nich... selamat buat awardnya ea bu..

    BalasHapus
  15. @ Ritma : mangga diboyong, neng. Dipilih .. dipilih ... dipilih ... hehe ...

    BalasHapus
  16. @ Ritma : mangga diboyong, neng. Dipilih .. dipilih ... dipilih ... hehe ...

    BalasHapus
  17. Kecerdikan Nasrudin memang luar biasa...
    Selamatnya ceu atas ewotna.

    Mengenai scroll tea: tinggina kan 200px smentara link-na teu acan melebihi 200px makana teu aya scrollan. Cobi ubah tinggina jd 100px (height:100px;) pasti muncul scrolna.

    Usul:
    1. Kumaha lamun Komentar Sahabat oge nganggo scrol? kantun nambihan
    <div style="overflow:auto; border:1px solid #CCC; margin:auto; padding:3px; width:auto; height:200px; text-align:left;">
    di luhuren script-na komentarna, teras di akhirna ditutup nganggo </div>
    2. Kitu oge dina Award ceu. Nu ewotmah dina email FB tos dijelasken.

    BalasHapus
  18. Mbak Annie nih selalu baik hati membagi bagikan award yang diterimanya untuk siapapun yang menginginkannya.

    top deh

    BalasHapus
  19. wah untung gede-gedean tuh yang kasih nasehat.memberi pinjaman se-ekor baliknya tiga ekor. xixixi

    awardnya juga kudapat dari mereka,,, keren2 yaa

    BalasHapus
  20. berbagi dengan sesama adalah suatu keindahan yang luar biasa..hidup jadi lebih berwarna..heh

    BalasHapus
  21. @ eNeS : ooo kitu? Pami daftar linknya banyak/ditambihan pasti scroll keluar, ya? Nuhun Kang ngersakeun ngawaler pertarosan abdi.

    @ Elsa : ah kamu bisa aja, Els. Kan sahabat semuanya sudah berbaik hati, jadi malu dong bila kita gak bisa baik juga, tul gak?

    @ Fi : ya baliknya seekor juga atuh, Fi. Coba deh dihitung lagi.

    @ Sigit : setuju

    BalasHapus
  22. selamat awardnya mbak...
    maaf, baru bisa berkunjung

    BalasHapus
  23. Siiip, kisah yang mantap mba Annie. Selamat atas award-awardnya. Terimakasih award saya dipajang dan menjadi indah disini.

    BalasHapus
  24. salam,,, wah bagus sekali cerita inspirasi masalalu nya,,

    nice, selamat juga buat award masa kininya yaaaa,,,

    langitsenja menunggu,,^_*

    BalasHapus
  25. Iya yah Mbak... Koq untanya bisa dibagi dengan mudah oleh Nasruddin .. Indahnya berbagi dengan keikhlasan.
    Selamat untuk Awardnya yang keren.

    BalasHapus
  26. hehehehehe award bertuah udah melanglang buana (yg dr mba reni)

    nasruddin selalu mempunyai perhitungan yg jeli

    BalasHapus
  27. Begitu nasehat yg sangat bijak ya.
    Selamat ya ceu atas awardnya.

    Oh ya punteun pisan nembe sumping, kumargi inet lemot pisan ceu .

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...