Minggu, 09 Februari 2014

Melipat Kantong Kresek

Saya belum pandai dan tidak termasuk rajin memanfaatkan limbah bentuk apapun menjadi sebuah benda yang lebih manfaat, seperti yang dilakukan neng Dey. Tapi ... melihat kantong kresek yang menumpuk di lemari dan laci, saya baru berfikir untuk membuat 'penampakan'nya tidak terlalu mengganggu pemandangan. Jadi tumpukan kantong kresek sisa belanjaan itu tidak saya gundukkan begitu saja.




 Melainkan dilipat seperti ini.

   

Dulu, Mamah yang mengajari saya.
Ya, melipatnya sebelum disimpan di dalam laci. Selain lebih simpel dan tidak memakan banyak tempat sehingga isi laci tak nampak penuh, melipat dengan cara seperti ini memudahkan kita dalam memilih ukuran kantong kresek. Segitiga yang berukuran kecil berarti kantong kreseknya juga berukuran kecil, pun demikian halnya dengan ukuran lain. Ukuran sebesar apa yang dibutuhkan tinggal pilih diantara persediaan yang ada. Mudah kan?

Cara melipatnya juga mudah kok.
Pertama, bentangkan dan rapikan kantong kresek sebelum dilipat



Kedua, lipat beberapa kali hingga seperti ini



Ketiga, lipat secara menyudut sesuai dengan luas lipatan yang ada.








Keempat, masukkan ujung kresek ke dalam lipatan yang tersedia.


Jadilah segitiga kresek dengan berbagai ukuran. Siap disimpan di laci. Lebih simpel dan tidak memakan banyak tempat.



Mudah, kan? 
Laci gak akan lagi penuh sesak. Dan kita menjadi lebih mudah mencari kantong kresek.


38 komentar:

  1. Kalau sedang tidak malas, saya melipat keresek seperti ini. Tapi banyak malasnya .. hihihi, ujung2nya langsung dimasukin aja di satu keresek, trus di kasihin ke yang membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siiih, sama. Kalo sedang rajin ya dilipat hehe ... Lumayan sih menghemat tempat dan menginclongkan mata dan hati wkwkwk ...

      Hapus
  2. Cakeeeppp mak :)
    aku sih nggak mahir bikin lipat2an begitu, tapi adikku yg cowok 12 tahn itu mahir banget, bikin bunga dsb. Sampe dia yg ngajarin aku kalau pas pulang ke rumah. :D

    Salam kenal mak: http://sofia-zhanzabila.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... yang ini gak ribet kok, dik Sofi. Mudah dan simpel. Oke salam buat adiknya yang rajin yaaa
      Salam kenal kembali, terimakasih sudah mampir disini

      Hapus
  3. ide yang bagus ini mak, saya suka susah sekali nyari plastik bgini hehehe makasih info nya mak,:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. plastik gini gak usah dicarai, tapi dibuat hehe ... kan kantong kreseknya banyak

      Hapus
  4. saya juga ngelipetnya begitu...duluuu..hehehe sekarang seringan diiket biasa begitu aja..lebih keliatan ukuran plastiknya :) tapi ya lumayan makan tempat sih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak Dian, dilipet begitu bisa m,embuat laci lebih bisa muat banyak

      Hapus
  5. masih bisa digunakan lagi sewaktu-waktu daripada dibuang

    BalasHapus
  6. kreatif sekali Mbak... sangat bermanfaat idenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bila bisa mengambil manfaat dari tulisan sederhana ini, mbak Rita

      Hapus
  7. Wuaha, di kamar saya jg bejibun kantong kresek, mak. Cuma malas banget mau ngelipatnya biar rapi...Tp lipat model segitiga ini, akan saya coba deh, hehehe...makasih tipsnya...

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Iya memang sangat sederhana dan remeh ya, hehe ... terimakasih, mbak Ida

      Hapus
    2. terimakasih bila sudah menginspirasi

      Hapus
  9. Kalau masih mood dan rajin sih dilipet segitiga kaya punya emak itu... tapi klo malesnya kambuh, paling diiket2 aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... iya kadang suka juga muncul malasnya, dik

      Hapus
  10. Wahhhh kreatif...bagus nich..langsung saya praktekin hihihi terima kasih mbak..salam yach

    BalasHapus
  11. Iya, di rumah juga klo lagi rajin kantong kereseknya dilipat seperti ini (suami yang ajarin)... Klo lagi males... ya... enggak heheh.... Mksh Mak saya jadi teringat untuk melipat kresek heheh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, mbak hanna.
      Memang, melipat ini suka saya kerjakan saat luang juga

      Hapus
  12. hiyyyaa,,,setiap hari saya ngelipat tas kresek mbk,lumayan bt tempat sampah^^

    BalasHapus
  13. Aku juga selalu melipat tas kresek spt itu Teh.
    Ibu mertua yang ngajarin hehehe

    BalasHapus
  14. persis euyy... aku juga melakukan hal ini biar rada rapi pas nyimpen :)

    BalasHapus
  15. Saya sudah melakukan ini sejak 5 tahun lalu, yang belum bisa memanfaatkannya alias daur ulang selain buat kantong sampah

    BalasHapus
  16. lebih ringekes ya, aku sesekali juga dilipt gitu tapi seringnya males :)

    BalasHapus
  17. kelihatannya remeh temeh, tapi sangat berguna. istri dirumah ngajarin saya begini juga

    BalasHapus
  18. Waaah, kita samaan, Mba. Saya juga sering ngelipat kresek gitu. Kemudian dikumpulkan, krn pasti berguna banget. Meski bekas, ya!.

    BalasHapus
  19. jadi kelihatan rajin klo udah dilipet ya...

    BalasHapus
  20. jadi kelihatan rapi ya klo udah dilipet kek gini

    BalasHapus
  21. kreatif mbak :)
    salam kenal ya

    BalasHapus
  22. Dilipat seperti itu lebih rapi ya... Keliatan apik banget, Mbak... Salam :)

    BalasHapus
  23. Keren, saya coba di rumah supaya kantong habis belanja an jangan berantakan

    BalasHapus
  24. di rumah, ibuklah yang selalu rajin memanfaatkan kantong plastik yang hampir saya buang

    ini sederhana tetapi bagi lingkungan merupakan langkah mulia :)

    BalasHapus
  25. Seringnya dilipat jg spt itu mbak...tp klo pas lg malas yg diuwel-uwel...hihihi

    BalasHapus
  26. Hyaa, samaaaa maak,
    Aku bahkan udah kepikiran nulis ini jg, hihi
    Dlu ma2ku yg ngajarin aku ngelipet kyk gini,
    I was wondering, siapa yaa yg pertama nemuin cara ini? :D

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...