Sabtu, 05 Desember 2009

Memaknai Sang Golden Shower

Apa yang kutahu perihal kuning?
Selain ia adalah satu dari sekian jenis warna yang tercipta lewat bias cipta Mahakarya, kuning kerap dipercaya memiliki arti muda, gembira dan imajinasi. Dalam ilmu psikologi dan arti warna, kuning disebutkan akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan.

Lalu apa yang kutahu perihal anggrek?
Selain sebentuk tanaman bunga yang cantik dan terkesan anggun, anggrek ternyata sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsa Tiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok. (hmmmh ... iyakah?)

Dari Wikipedia, saya tahu bahwa pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan tanaman ini.

Lalu apa yang kurasa saat kuning dan anggrek dipersatukan?
Bahagia mungkin terlampau sederhana. Tapi apa lagi yang pantas kurasa selain rasa sesederhana itu sebagai wakil hati yang menguning usai menerima uluran sebentuk award lambang persahabatan? Sebab keindahan, cinta dan imajinasi telah demikian mewah terulur melalui simbol-simbol yang diterbangkan sahabat. Simbol yang mewakili rasa yang dititipkan Tuhan pada setiap manusia berbudi.

Tuhan memang hanya menitipkan hal-hal indah, agung dan berwarna. Sungguh sebuah kebutaan yang nyata bila aku tak mampu merenung pada setiap kejadian. Sungguh sebuah kebutaan yang nyata bila aku tak merasakan kekaguman atas segala penciptaan sempurna dalam bentuk warna yang terpancar dari setiap batang pohon dan putik bunga, yang kini terkirim melalui sebentuk award kiriman mbak Elly.



Sejenak aku berfikir tentang tetumbuhan, buah-buahan, sayuran, bebungaan. Mereka masing-masing memiliki warna, wangi dan rasa berbeda. Sungguh sebuah bukti cita rasa seni Ilahi dalam penciptaan. Setiap tanaman yang kulihat di sekeliling, di buku-buku, di media, memiliki warna dan pola yang eksklusif untuk jenisnya sendiri.

Alangkah buta aku, bila tak mampu melihat kekuasaan tak terbatas dari Allah, Sang Maha Pencipta semua warna dan bebungaan. Allah merujuk kepada mereka yang aggal menghargai bukti-bukti penciptaan yang mereka lihat dengan firmanNya :

"Dan banyak sekali tanda-tanda kekuasaan Allah di langit dan di bumi yang mereka melaluinya sedang mereka berpaling daripadanya." (QS Yusuf 105)

Dengan harapan aku tak termasuk pada golongan orang yang buta mata hati dari merasakan kekuasaanNya, kutitipkan simbol persahabatan ini kepada sahabat (semoga berkenan menerimanya)

Munir Ardi
Kang Sugeng
Ivan Kavalera
Reni Judhanto
Tisti Rabbani
Insanitis
Kabasaran Soultan
Ateh
Eka Wijayanti
Rosi Atmaja

Semoga kita selalu dapat memaknai setiap detik dalam hidup ini sebagai karunia tak terhingga dari Sang Pencipta.
Amiin

16 komentar:

  1. selamat ya mbak atas award cantiknya..

    BalasHapus
  2. Mbak, makasih sekali sudah berbagi award denganku.
    Maaf ya kalau akhir-2 ini aku jarang mampir kesini. Masih repot menyelesaikan pekerjaan kantor sebelum akhir tahun sih mbak...
    Sekali lagi terima kasih utk awardnya...

    BalasHapus
  3. Pencarian makna yang indah mbak. Jadi terlihat lebih indah di blog ini. Terimakasih ya.

    BalasHapus
  4. Wah, makasih banyak mbak. Awardnya langsung aku boyong ya? Semoga tetap semangat blogging ya, mbak.

    BalasHapus
  5. Trimakasih, awardnya saya angkut pulang ya...

    BalasHapus
  6. Kahatur pisan awardna teh,,,
    nuhun pisan tos emut ka abdi, hehe
    Dicandak we nya,,,

    BalasHapus
  7. amiiiiiiiiiin amiiiiiiiiiiiiiin....

    BalasHapus
  8. Muda. Gembira. Imajinasi.
    Saya banget, Teh...

    BalasHapus
  9. selamat buat awardnya mba annie,award nya cantik bgt ya....

    BalasHapus
  10. terimakasih bu nama saya ada disebut paling atas lagi wah bahagianya

    BalasHapus
  11. Mantab...mantab ! selamat atas awardnya...

    BalasHapus
  12. selamat ya teh untuk ewotnya
    sipp dah

    BalasHapus
  13. kapan ya aku jug adapet award? he hehe he, selamat ya mbak.

    BalasHapus
  14. Makasih banyak ya ceu ,saya jemput nih awardnya...

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum... Mbak Annie sehat? selamat yah mbak, atas awardnya :)

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...