Rabu, 16 September 2009

Shaum Keduapuluhenam : Ngobrol Dengan Buku

Pernah di suatu masa dahulu, saya begitu gila buku. Dalam sehari saya bisa ‘melahap’ 7 hingga 10 buku. Buku tentang apa saja. Novel, komik, cergam, majalah, Dulu, saya akrab dengan Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Si Badung, Si Kembar, semuanya karya Enid Blyton,. Trio Detektif dan karya-karya Alfred Hitchcock lainnya, cergam Tintin, Lucky Luke, Johan dan Pirlouit, Asterix. Novel sastra karangan Marah Rusli, Abdoel Moeis, Buya Hamka, Nur St. Iskandar, memoar Kuantar Ke Gerbang, Buku puisi dan prosa Emha Ainun Nadjib, Acep Zamzam Noor, karya-karya Muhammad Iqbal, Annemary Schimmel, Kahlil Gibran. Novel karya Agatha Christi, Danielle Steele, Sidney Sheldon, Edy D Iskandar, Maria A. Sardjono, Mira W, Marga T, Ike Soepomo, Bahkan tulisan-tulisan Teguh Esha, Motinggo Busye, Remi Silado, Abdullah Harahap pernah juga saya baca. Buku serial dari lima benua habis kulalap. Buku tentang apa saja tanpa memilih. Saya seperti kelaparan.


Seiring waktu saya mulai menyeleksi bacaan-bacaan saya. Mungkin karena saya mulai menemukan buku macam apa yang membuat saya ‘tumbuh’, saya sadar saya harus pandai memilih bacaan bergizi. Tapi referensi saya sangat terbatas. Sungguh sangat terbatas. Mungkin mulai ada pergeseran interrest, ya (??)


Maka ketika saya menerima Tag Book (ini istilah yang baru saya kenal) dari sobat blogger Sang Penikmat Buku, saya baru tersadar, ternyata lama sekali saya tak lagi “membaca”. Melihat blog sahabat yang gila buku macam miliknya Fanda, Sinta, mbak Reni, saya malu, betapa saya banyak tertinggal dalam hal baca membaca.

Melalui Tag Book, Sinta memberi tugas agar saya mempresentasikan diri melalui judul buku. Aiih … kreatif bener!!


Bismillahirahmaanir rahiiim, kumulai saja tugasnya ya :

  1. Describe yourself : Rectoverso/Dee [saya memang bak koin bersisi ganda : ada baik buruk, benar salah, sabar tak sabar, yang membuat saya "sempurna" sebagai manusia (menegaskan betapa Allah begitu Mahahebat menciptakan makhluk bernama manusia, perbedaan yang merupakan kesatuan hakiki yang tersembunyi).... wiiih panjang amat penjelasannya]
  2. How do you feel : Jadilah Wanita Paling Bahagia/Dr. 'Aidh al-Qarni [karena saya sedang dan ingin terus bahagia ^-^]
  3. Describe where you currently live : Trilogi Opera Keluarga/ Neno Warisman [saya hidup dalam keluarga yang hangat namun keras dala m hal penerapan agama, alhamdulillah]
  4. If you could go anywhere, where would you go : Di Jamuan Cinta-Mu di Arafah/Ratna Januarita [Allahumma amiiin …]
  5. Your favorite form of transportation : Masih Ada Kereta Yang akan Lewat/Mira W
  6. Your best friend is : Anak-anakpun Berfilsafat/ Gareth B. Mathhews [Karena saya selalu ingin menjadi sahabat anak-anak, maka aku harus mengenal alam pikirannya, kan ?]
  7. You and your friends are : Belahan Jiwa/Iffa Avianti
  8. What's the weather like : Katumbiri Nutug Leuwi/Tjandrahajat [ saya selalu suka melihat katumbiri/pelangi, sebab ia titian bidadari (begitu dongeng masa kecil saya)... tapi itu bukan nama musim, ya hehe ... maksa]
  9. You fear : "………."/ Alfred Hitchcock [lupa lagi judulnya, yang pasti tentang napi yang berrencana kabur melalui peti mati saat ada tahanan yang mati, dan ternyata teman yang direncanakan akan membuka kuburnya kelak di luar tahananlah justru yang mati dan terkubur bersamanya. Bagiku ini sungguh mengerikan!!]
  10. What is the best advice you have to give : La Tahzan/ DR. ‘Aidh al-Qarni [Jangan bersedih, sebab Allah dekat dengan kita (sambil ngingetin diri sendiri juga sih)]
  11. Thought for the day : Life Excellent/ Reza M. Syarif [full gizi : buat sarapan hari ini, saya merasakan energi motivasi yang disuntikkan]
  12. How would I like to die : Bidadari-bidadari Surga /Tere Liye
  13. My soul's present condition : Berguru Kepada Allah/Abu Sangkan [ tengah ingin selalu dekat dengan-Nya, belajar dan berusaha terus tiada henti, Insya Allah]

    Alhamdulillah, usai sudah ....

Tag Book dari Sinta ini langsu ng kukirim kepada :
Sastra Culun
Sastra Radio
Fatamorgana
Kang JT
Rizky
Ateh

Dan karena tugas telah selesai dikerjakan, langsung saja saya pasang hadiah dari Fanda, yakni sebuah award cantik kreasi Nana.




Terima kasih buat semuanya.

21 komentar:

  1. Makasih yah mbak atas Tagnya,.... aku bongkar buku dulu ah.

    BalasHapus
  2. trima kasih mbak ani, Rizky jemput tagnya walaupun Rizky masih bingung, tp akan rizky pelajari dulu, tunggu postingan dari rizky y mbak..

    yang jadi masalah adalah rizky bukan penikmat buku, cz rizky kurang begitun suka ama buku, waktu sekolah mp selesai kuliah rizky jarang baca buku.. buku cuma rizky jadiakan hiasan sebagai syarat aja, tp buat rizky ini adalah tantangan, yang harus rizky selesaikan... terima kasih mbak ini adalah tag ke dua rizky.. yang menurut rizky tantangannya lebih sulit dari tag pertama yang rizky dapatkan..

    BalasHapus
  3. Terimakasih ya mbak atas tagnya. Langsung diboyong ah.

    BalasHapus
  4. aduuh ngga bisa semua ke baca
    jadi aku tak bisa berkomentar
    lebih panjang ...............
    kecuali aku pantas berkata jujur
    aku manusia yang serba terbatas

    BalasHapus
  5. R-ekanku pernah berkata
    A-ku ini hanyalah manusia biasa
    H-arapan yang ku inginkan selama ini
    M-elakukan yang terbaik sebisanya
    A-tas apa-apa yang ku ketahui
    T-erutama tentang keterbatasanku

    S-ejak ku mulai beranjak belajar mengingat
    U-ntuk hari ini, besok, lusa, dan masa mendatang
    R-asanya perlu sekali dalam kehidupanku
    U-ntuk bekal bersahabat dengan siapa saja
    R-eferensi dari kejadian yg telah tiada

    BalasHapus
  6. Wah...setelah kerja keras bongkar koleksi buku, akhirnya kelar juga nih mbak! Selamat yah...Ternyata buku itu banyak mempengaruhi pikiran dan hidup kita ya?

    Btw, bacaan mbak Annie komplet jg ya? Aku dulu jg suka banget Lima Sekawan, mbak! Apalagi kalo pas bagian piknik dan ngeluarin bekal yg enak2...hehehe...jadi ikutan ngiler!

    BalasHapus
  7. hmm.........blue datang sahabat
    pa cabar?
    semoga sehat selalu yah
    salam hangat sellau

    BalasHapus
  8. @ Seti@wan : mangga,selamat bongkar buku hehe...

    @ Rizky : hayoo ditunggu hasilnya, ya. Saya juga jadi baca-baca lagi nih. Selamat ya!

    @ Ivan : Silakan ...

    @ apanabagus : kita sama-sama belajar tiada henti

    @ Fanda : Iya nih, Fan. Sungguh tantangan yang bikin deg-degan, sekaligus menyenangkan.
    Haha ... pastinya piknik yang rebutan makanan dengan si Timmy. Masa kecil selalu indah buat dikenang, ya Fan.

    @ Blue : sama-sama, makasih ya doanya

    BalasHapus
  9. Mau ngambil award ,dikarenakan tag saya udah punya ,awardna wae nyak ceu ..ulah beundu nyak ceu hehe

    BalasHapus
  10. Oh mangga ... silakan, Teh. Maksud saya juga kan itu: ambil award, tag-nya kan malah duluan Ateh ngerjainnya.

    BalasHapus
  11. selamat dan sukses untuk semua penerima dan pemberi award..

    BalasHapus
  12. Weleh-weleh aya tag ewot deui... hatur nuhun ceu...
    Dibantos ah ka rorompok

    BalasHapus
  13. Akhirnya judulnya diganti ya ? hehehe...
    Selera buku kita nyaris sama mbak. Buku-2 Enid Blyton, Alfred Hitchcock aku suka semua.
    Asterix & Tintin juga ga ketinggalan.
    Asyik ya kalau bisa 'tenggelam' dalam buku ? ^_^

    BalasHapus
  14. asyik award lg... diambil niii. nuhuuuun

    MAAF LAHIR, BATHIN JUGA YAAAA!!!

    BalasHapus
  15. mbak aq kesulitan buat bikin jawabannya, aq bingung jawab gimana, soalnya aq bukan pecinta buku, ini tag yang bener2 bikin aq pusing 7 keliling ini masih aq save d draft, mumet aq d buatnya, aq pasti posti posting kok

    BalasHapus
  16. wuih...bacaannya dulu hampir setipe, terutama buku detektif ciliknya..makasih ya mbak, mau berbagi bukunya. jadi pengen baca anak-anak pun berfilsafat ^^

    BalasHapus
  17. @ Rizky2009 : jangan kecil hati, Ky, saya juga lama bikin peer yang ini .. hehe ... sama! Tpai alhamdulillah kelar juga.

    BalasHapus
  18. @ Penikmat Buku : wah samaan dong ...
    Buku Anak-anakpun Berfilsafat emang lumayan bagus, kok, meskipun saya harus beberapa kali rehat.

    BalasHapus
  19. Aku udah kerja loh mbak,....koment yah.

    BalasHapus
  20. asslmkum wr.wb salam kenal sahabat
    bagus juga postingnya memberikan inspirasi buat saya .oh iya agar lebih saling mengenal saya dah follow and kalo berkenan follow balik buat saya ya thnxs n good luck ya

    BalasHapus
  21. asslmkum wr.wb
    salam sahabat n salam kenal,bagitu bagus postingnya membuat saya terinspirasi,oh iya saya dah follow site anda n kalo berkenan saya tunggu follow baliknya ya,thnxs n good luck

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...