Jumat, 04 September 2009

Shaum Keempatbelas : Perempuan dan Kekuatannya

Saat saya mulai menulis ini, saya baru saja tiba dari jalan-jalan ke blognya Mbak Tisti Rabbani dan meninggalkan jejak disana. Sungguh, saya terinspirasi oleh kalimat bijak Bapak (Mbak Tisti) yang berbunyi : "perikemanusiaan, atau kasih, atau apalah namanya, memang sepintas tampak lemah tapi kalau kita bisa memanfaatkan energi yang tersimpan di baliknya, kelemahan itu bisa berevolusi dan menjadikan kita individu yang sangat kuat."

Sungguh sebuah kalimat yang sederhana namun berkekuatan dahsyat. Agak hiperbola, ya nampaknya. Tapi coba kita renungkan fakta sejarah : bukankah dahsyat namanya bila sebuah tirani kekuasaan yang merusak rakyat, raja yang lalim macam Fir'aun, nyatanya dapat ditaklukkan oleh sebuah kelembutan dan kasih sayang? Fir'aun tunduk hatinya saat Asiyah, istrinya, dengan lembut memintanya agar mengabulkan permintaannya merawat bayi Musa (yang semula harus dibunuh karena takut kelak akan menghancurkan kekuasaannya). Fir'aun tidak kalah dengan kekuatan, ia justru menyerah oleh sebuah kelembutan dan kasih sayang. Banyak lagi sejarah mencatat kekalahan puluhan dinasti justru oleh sesuatu yang nampak sebuah kelemahan, tetapi sejatinya ialah sebuah kekuatan tersembunyi.

Lalu mengapa dengan perempuan?
Saya begitu mencintai negeri ini, sedih melihat kenyataan yang terjadi belakangan ini. Prihatin dengan maraknya kejahatan, saudara membunuh saudara, pencurian, wakil rakyat yang aji mumpung (padahal dulu ia begitu vokal menyuarakan keadilan), pejabat tak malu memakan uang rakyat, dan banyak lagi kejadian yang menyebabkan negeri ini bagai tak memiliki harga.

Lalu mengapa dengan perempuan?
Saya tak mampu mengubah keadaan ini sendirian, saat ini. Tapi saya punya mimpi! Kelak, mungkin sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, Indonesia akan memiliki orang-orang yang tulus hati, penyayang dan amanah. Kelak negeri makmur ini akan dipimpin oleh orang-orang yang berakhlakul karimah di semua lini. Tidak hanya di depan, melainkan di belakang, di tengah, diantara semak, di tengah hutan, di pinggir sungai, di pesisir pantai, di puncak gunung, di semua sisi. Sebab mereka, para pemimpin itu kelak, lahir dari rumah-rumah kita!!!

Ya, dari rumah-rumah kita, wahai perempuan Indonesia!
Di saat kita punya mimpi, kita punya bekal yang dititipkan Tuhan kepada kita, yang oleh sebagian orang disebut dengan : kelemahan perempuan. Itulah sebenarnya kekuatan yang akan mengubah sebuah peradaban. Perempuan melahirkan anak-anak, ialah guru utama dan pertama anak-anak masa depan bangsa ini. Di tangan perempuanlah kualitas mereka dipersiapkan. Maka dengan kelembutan, simpanan kasih sayang, serta bimbingan tak henti di setiap helaan nafas anak-anak kita, masa depan bangsa ini dipersiapkan.

Anak-anak kita akan dilimpahi bahasa kasih, indahnya berbagi, nikmatnya kebersamaan, eloknya perbedaan. Sehingga kapan dan dimanapun mereka berinteraksi, maka akan tercipta sebuah harmoni kehidupan bermasyarakat yang merdu. Bukan sebaliknya dilimpahi bahasa lumpur yang akan menjerumuskan mereka ke jurang kecelakaan dan ujungnya mengubah tatanan masyarakat yang gemar berseteru.

Insya Allah, sobat, bila para perempuan memulai keindahan itu dari rumah-umah kita buat anak-anak, maka sepuluh atau duapuluh tahun ke depan, negeri yang kita idamkan akan tercipta. Di tangan anak-anak yang di tangan kirinya tersimpan kemaslahatan dunia dan di tangan kanannya menggenggam keindahan akhirat.

Mimpi itu kemudian bertemu dengan tulisannya Mbak Tisti, dan bingkisan award Mbak Reni dan Ateh75 untuk para blogger wanita yang inspiring. (Sungguh saya terharu mendapat award ini). Maka kutulis ini semua buat sobat perempuanku di dunia maya, semoga semangat ini terus ada demi masa depan bangsa kita INDONESIA.


"Hottest Female Blogger" bingkisan dari Mbak Reni dan Ateh75 ini, sesuai permintaannya, saya kirim buat 10 blogger perempuan yang tulisannya begitu menggugah. Menurutku inilah blogger perempuan yang kukenal memiliki tulisan yang menarik dan mampu membuatku memilih mereka:

Neng Rara
Ritma Rahayu
Mbak Nura
Bunda Lintang
Dik Fanda

Khusus buat dik Fanda dan Anazkia, mungkin sudah terlalu banyak mendapat award, tapi izinkan saya memilihmu untuk mau menerima ini sebagai tanda persahabatan.

Mbak Anazkia
Bintang Air
Mbak Risma
Mbak Ajeng
Mbak Sinta

Ada tugasnya lho, selain mengirimkan kembali kepada 10 blogger perempuan yang menurutmu inspiring. Yaitu :

1.Buka search engine Google

2.Tulis nama kamu dilanjutkan dengan kata ‘needs’, misalnya : annie needs

3.Klik “search”

4.Tulis deh 10 hasil pertama yang muncul di halaman itu. (kalo namanya gak keluar, coba ditulis dengan tanda petik “_” misalnya “annie needs” baru disearch).

Inilah hasilnya :

- annie needs real estate listings from BrockHarcourt Glenelg...

- annie needs your help!

- annie needs to release a LIVE Album ( hah ??)

- annie needs a Spanking

- annie needs MIRACLE

- annie needs proffessional background on Zoominfo, the largest index of people in bussines in the world

Alhamdulillah usai sudah.
Buat sobat yang ketiban award selamat ya.

Semoga berkenan mengambilnya dan menyimpan semangatnya dalam dada.


16 komentar:

  1. selamat ya...
    salam kenal juga...

    BalasHapus
  2. Duuh..mbak Annie...Aku bener2 merinding baca tulisan mbak. Kelemahan dan kekuatan bisa dianalogikan dengan keberadaan perempuan di negeri ini. Sungguh2 tulisan yang memiliki kekuatan tuk menginspirasi. Tak salah mbak Reni dan mbak Ateh memilih mbak Annie as one of the hottest female blogger!

    Dan aku tersanjung menjadi salah satu female blogger yang mbak anggap tulisannya menggugah. Padahal mbak, aku juga banyak belajar lewat apa yg kutulis itu. Dan aku hanya ingin mengajak siapa saja yg mau untuk sama2 belajar sambil terus melangkah ke arah yg lebih baik.

    Makasih ya atas awardnya. Kuambil, dan ijin utk diposting minggu depan ya!

    BalasHapus
  3. selamat bagi yg memberi dan menerima

    BalasHapus
  4. selamat awardnya ya sis...sukses selalu..

    BalasHapus
  5. selamat mbak Ani...atas awardnya, sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Kekuatan perempuan adalah kekuatan utama peradaban dunia. Salut dg tulisan mbak ini.

    BalasHapus
  7. Teh Ani, terima kasih kunjungan dan komennya di blog ku...

    Benar apa yg Teh Ani tulis, di tangan perempuanlah kelak nasib bangsa ini di tentukan.

    Saya jd teringat - Semoga Allah memberi rahmat kepada penyair Sungai Nil - Hafizh Ibrahim, ketika ia berkata:

    Ibu adalah madrasah, lembaga pendidikan,
    dan Jika Anda mempersiapkannya dengan baik,
    Maka Anda telah mempersiapkan bangsa yang baik..

    Ulasan yg keren, Teh...
    Thnks for sharing :)

    BalasHapus
  8. Semoga aku tak ketinggalan mbak...
    Tulisan mbak Anie bagus bener... Sesuai dengan awardnya. Harapan dan impian mbak Anie pasti dimiliki juga oleh wanita Indonesia lainnya.
    Semoga saja dapat terwujud ya mbak....

    BalasHapus
  9. Suatu kehormatan mendapatkan award ini, terima kasih ya Mbak. Dan Mbak Ani memang pantas mendapatkannya. Jangan pernah berhenti menginspirasi ya mbak..with or without award.

    BalasHapus
  10. Wanita adalah itu tiang negara, sebuah negara akan tentram , damai dan sebaliknya..

    Kata2 pembukanya dahsyat mbak annie..
    syukron jazakumullah khairon kastiro ya mba award nya sudah diposting.

    *wassalam..

    BalasHapus
  11. @ Ateh : terima kasih, Teh. Kata-kata pembukanya adalah kalimat bijak Bapaknya Mbak Tisti, memang dahsyat, dan menginspirasi ...

    @ all : terima kasih untuk semua supportnya

    BalasHapus
  12. Makasih yah mbak Anni, sudah 3 orang wanita yang menghadiahkan ini untuk saya. Insya Allah, akan segera ku pajang. Lagi mikir2 juga mbak, saya nulis apa yah nanti...???

    Mbak, miris sebetulnya saya melihat kenyataan lebih banyak wanita (khususnya Ibu rumah tangga) yang harus rela menjadi TKW. Padahal, sang anak masih membutuhkan kasih sayang. Tapi, di balik lagi, seharusnya itu tak per;u terjadi, jikalau sang suami berpenghasilan memadai dan pemerintah memiliki lapangan kerja yang cukup di negara sendiri.

    Sepertinya, saya akan menulis judul "3 orang perempuan" untuk majang award ini. :) mbak, ko gak pernah ninggalin koment pada tulisan saya? saya juga mau belajar dengan mbak Anni, coz, tulisan saya khan standar banget :(

    BalasHapus
  13. Maaf karena saya terlambat ambil awardnya ya, mbak Annie. Terimakasih karena sudah memilih saya untuk menerima award ini. Sebelumnya saya sudah pernah menerimanya dari teman-teman blogger yang lain, dan sudah memostingkannya juga. Jadi saya tinggal menambahkan nama mbak sebagai salah satu pemberi award disana. Ini saya kasih linknya. Sekali lagi terimakasih ya, mbak :)

    Salam persahabatan

    BalasHapus
  14. mbak Annie, akhirnya aku bisa posting awardnya hari ini. Tapi aku taruh di Curhat Fanda ya. Gpp kan? Ini linknya: http://curhatfanda.blogspot.com/2009/09/still-hottest-female-blogger.html

    BalasHapus
  15. Rahmat Surur

    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Perempuan; sesosok manusia yang harus :
    - dihormati
    - dihargai
    - disayangi
    - diampu
    - disanjung
    bagi siapa saja yang memiliki Jasmani, Rokhani,
    dan 'Aqal ( JIWA - RAGA - RASA ).
    Wassalam.
    Rahmat Surur,
    Cidatar 6/7, Cidatar, Cisurupan, Garut, 44163.

    BalasHapus

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...